Entri Populer

Minggu, 17 April 2011

"diajar Nyerat"


“Menulis Artikel”(chapter: one)

1.Pengertian Artikel.

            Menulis Artikel pada hakikatnya merupakan pengungkapan Pendapat atau ide tentang sesuatu tema atru haldalam bentuk tulisan. Dengan kata lain : Menuangkan pemikiran Dalam suatu masalah dalam sebuah karya tulis. Kata “Artikel”(article) sendiri dipahami sebagai karangan atau tulisan tentang suatu masalah berikut pendapat penulisnya tentang maslah tersebut yang dimuat di media massa / cetak.
Secara definisi , artikel di artikan sebagai sebuah karangan faktual(nonfiksi) tentang suatu masalah secara kengkap ,yang panjang tak tentu ,untuk di muat di surat kabar,majalah ,buletin, dsb, dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta guna meyakinkan, mandidik,menawarkan pemecahan suatu masalah ,a tau menghibur.
Artikel termasuk tulisan kategori Views(pandangan), yakni tulisan yang berisi pandangan , ide, opini,penilaian tentang suatu masalah atau peristiwa .Namun demkian ,pada dasarnya tahap – tahap menulis artikel hampir sama dengan  dengan menyusun skripsi ( Bab1 pendahuluan) , namun di singkat dan di sederhanakan. Yakni memmunculkan latar belakang masalah (mengemukakan alasan Mengapa tema tulisan ateu suatu masalah itu di pilih),Mengidentifikasi masalah(biasanya dalam bentuk pertanyaan) kemudian Uraikan atau analisis mengenai jawaban atau masalah yang di munculkan .pada bagian akhir di kemkakan Kesimpulan.

   2. Jenis – jenis Artikel.
    

  Secar garis besarnya, jenis - jenis artikel meliputi:


    • Artikel Deskriptif,( to Describe = menggambarkan),adalah tulisan yang isinya menggambarkan secara detail ataupun gaaris besar tentang suatu masalah  ,sehingga pembaca mengetahui secara utuh sjuatu masalah yang dikemukakan.
    • Artikel Eksplanatif,(to expain=menerangkan ,menjelaskan),isinya menerangkan sejelas – jelasnya,tentang suatu masalah, sehingga si pembaca memehami betul memahami betul masalah yang dikemukakan.
    • Artikel Prediktif,(to predict= meramalkan) berisi lamaran atau dugaan apa yang kemungkinan terjadi di masa yng akan dcatang’berkaitan dengan masalah yang di kemukakan.
    • Artikel Preskriptip,(to preskribe=menentuksn=,menuntun) isinya mengandung ajakan,imbauan, atau perintah”,bagi pembaca agar melakukan sesuatu. Kata-kata “harus”,”seharusnya”,”hendaknya”,”seyogyanya”,dan semacamnya mendominasi tulisan jenis ini.

Secara sederhana dapat di simpulkan, Artikel Deskriptif, menjawab pertanyaan “apa”.    Artikel Eksplanatif , menjawab pertanyaan “kenapa”.    Artikel Prediktif , menjawab pertanyaan “apa yang bakal terjadi”. Dan Artikel Preskriptip, menjawab pertanyaan “apa yang harus dilakukan pada umum nya”,. Keempatartikel di atas bisa di ketahui Melalui Judulnya.”
(sumber: ilmu jurnalistik;  pikiran rakyat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

" mangga kasadayana diantos partisipasina............